Rabu, 25 November 2009

مَعهد دَعْوَةُ المُصْطَفىَ
للدراسة العلوم الدينية على المنهج السلفي

PONDOK PESANTREN “DA’WATUL MUSTHOFA”
Komplek. CITRA ISLAMI - KOTA CITRA Graha Km.18 BANJARBARU KAL-SEL

SEKILAS TENTANG PESANTREN

a. Pendahuluan.
Pondok pesantren yang pada awalnya adalah bermula dari majlis ta’lim al- Ustadz Ahmad Mulkani (alumni pon-pes Darullughah wadda’wah) di Kampung Melayu Banjarmasin ini adalah ; pesantren Salafy yang sepenuhnya memakai cara-cara Salaf yang murni bersumber dari Hadhramaut-Yaman untuk metode pendidikannya, karena al-Ustadz Ahmad Mulkani sendiri adalah salah satu murid senior Adda’i ilALLAH Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidzh bin Syekh Abu Bakar bin Salim pendiri pon-pes Darul Musthofa Hadhramaut.

b. Metode pendidikan.
Sebagaimana telah disebutkan di atas dengan menerapkan metode pendidikan Salafy yang murni bersumber dari Hadhramaut-Yaman, yaitu; dengan sistem halaqoh dan kitab sebagai tingkatan kelasnya, dan juga menghafal sebagian kitab-kitab matan. Selain menekankan pemahaman kepada ilmu-ilmu seperti Hadits, Fiqh, Nahwu dll, santri juga di tekankan untuk menguasai bahasa Arab dengan menghafal kalimat yang digunakan sehari-hari dan berlatih bercakap-cakap dengan bahasa Arab (muhawaroh).
Bagi santri yang ingin menempuh pendidikan di Timur tengah khususnya Hadhramaut-Yaman, diadakan Takhassus (belajar pra keberangkatan dgn mempelajari ilmu-ilmu dasar khususnya bahasa arab secara intensip) dan pesantren akan memfasilitasi keberangkatannya dgn persyaratan dan ketentuan dari pimpinan pon-pes.

c. Tenaga pengajar.
Adapun tenaga pengajar terdiri dari guru-guru utama dan guru-guru anak didik. Adapun guru-guru utama adalah: (1) al-Ustadz Ahmad Mulkani (alumni Darullughah wadda’wah & murid senior Al-Habib Umar bin Hafidzh), (2) al-Ustadz Ahmad Tahmidi (alumni Darullughah wadda’wah & alumni Rubath Tarim-Hadhramaut), (3) al-Ustadz Ahmad Nasiri Spdi (alumni Darullughah wadda’wah & alumni Rubath Tarim-Hadhramaut), (4) al-Ustadz Muhammad Rofiq (alumni pon-pes Darullughah Wadda’wah Bangil-Pasuruan-Jatim), (5) Al-Habib Alwi Ba’bud (alumni pon-pes al-Khairat Bekasi & alumni Darul Musthofa Aidid-Tarim- Hadhramaut) dan tujuh pengajar daripada anak didik, yang mereka adalah murid-murid senior al-Ustadz Ahmad Mulkani.

d. Aktifitas sehari-hari.
Selain belajar pada waktu yang ditentukan, santri juga diharuskan sholat fardhu dan membaca wirid secara berjamaah, juga tadarus Al-Qur’an. Juga kegiatan-kegiatan lainnya seperti: Muhawaroh (bercakap-cakap dengan bahasa Arab), Musyawaroh & Mutholaah pelajaran, latihan berpidato dll yang kesemuanya di awasi langsung oleh guru-guru yang ada. Selain itu santri juga di anjurkan ber olah raga yang cukup untuk menjaga kebugaran badan.

e. Alamat pondok pesantern.
Adapun pondok pesantren sekarang ber alamat di : komplek CITRA ISLAMI - KOTA CITRA Graha Jl.A.Yani km 17 Banjarbaru.



Oleh
Kepengurusan pon-pes

8 komentar:

  1. mudah2an syawwal depan santri kita 60 santri amin

    BalasHapus
  2. Allahummaj'al haadzal ma'had ma'muuron bil 'ilmi wattholabah, aamiin.....

    BalasHapus
  3. eruntunglah mereka yang merasa bahagia, nyaman dan tinggal di rumah .. semegah atau sesederhana apapun di rumah. Karena sesungguhnya bukan rumah yang lapang, halaman yang luas, Bangunan yang megah yang membuat seseorang tinggal di tempat .. Semua adalah tentang hati pemiliknya. Sesempit apapun sebuah rumah, jika hati ini penuh syukur menerimanya, qana'ah .. maka akan terasa lapang. Begitu juga sebaliknya, luas apapun rumah, jika hati ini tak pernah puas dan selalu ingin lebih, maka akan terasa sesak dan sempit. Dan tak ada yang seindah rumah .. yang di dalamnya ditegakkan syari'at Allah, penghuninya dalam ketaatan kepada Allah, saling cinta-suka hanya karena Allah ...

    BalasHapus
  4. Tp guru klo d dlm rumah itu ke 2vpasangan tidak d dasari cinta dan saling rasa sayang apakah rumah yg kecil itu jg terasa indah d dlm nya..

    BalasHapus
  5. assalamualaikum pendaftaran santri baru thn 2019 kapan dan apa persyaratan nya

    BalasHapus
  6. Penerimaan santri baru tahun 2019 kapan,,,

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, ulun umpt betkun kapan pendaftaran santri baru tahun 2021 dan apa saja persyaratannya. trimkasih. minta rela ulun.

    BalasHapus